About my Blog

But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful.

Senin, 29 November 2010

Pendidikan Ketua dan Wakil Ketua DPR kita (2009-2014)

Ketua dan Wakil Ketua DPR RI 2009-2014

Pimpinan DPR terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan 4 (empat) orang wakil ketua yang berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak. Sistem pemilihan pimpinan DPR ini telah berubah dari periode sebelumnya (1999-2004 dan 2004-2009). Hal ini didasari oleh Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Berdasarkan UU 27/2009, pasal 82 ayat 2 dan 3,

  • “Ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR” (ayat 2). Dan pada periode 2009-2014, Demokrat merupakan parpol memperoleh kursi terbanyak. Dan Demokrat mencalonkan Marzukie Alie sebagai Ketua DPR RI.
  • “Wakil Ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima” (ayat 3). Dan pada periode 2009-2014, Golkar, PDIP, PKS dan PAN merupakan parpol memperoleh kursi terbanyak nomor 2,3,4 dan 5. Masing-masing parpol mencalonkan Priyo Budi Santoso, Pramono Anung, Anis Matta dan Marwoto Mitrohardjono. Untuk lengkapnya, silahkan lihat tabel di bawah.
Nama dan Jabatan

Biografi Singkat

Foto

Ketua DPR RI
H. Marzuki Alie, SE.MM
(Partai Demokrat)
TTL : Palembang, 6 Nopember 1955
Agama : Islam

Istri : Hj.Asmawati SE.MM
Anak : 3 orang anak
Pendidikan :

  • SMA Xaverius I Palembang
  • Fak. Ekonomi UNSRI
  • MM UNSRI

Marzuki Alie 2
Wakil Ketua DPR RI
Drs. Priyo Budi Santoso
(Partai Golkar)
TTL : Trenggalek, 30 Maret 1966
Agama : Islam
Keluarga :
Istri : Fenti Estiana,SP
Anak : 3 orang anak
Pendidikan :
  • SMA Negeri 1 Trenggalek
  • Ilmu Administrasi Negara UGM 1992

Wakil Ketua DPR RI
Ir. Pramono Anung Wibowo, MM
(PDIP)
TTL : Kediri, 11 Juni 1963
Agama : Islam
Keluarga :
Istri : Endang Nugrahani, S.E., AK.
Anak : 2 orang anak
Pendidikan :
  • SMA 1 Kediri
  • Teknik Pertambangan ITB 1982
  • MM UGM 1990
Pramono Anung
Wakil Ketua DPR RI
Anis Matta, Lc
(PKS)
TTL : Bone, 7 Desember 1968
Agama : Islam
Istri : Anaway Irianty Mansyur
Anak :7 orang anak
Pendidikan :
  • SLTA Darul Arqam 1986
  • LIPIA 1992
  • KSA IX Lemhanas 2001
Anis Matta
Wakil Ketua DPR RI
Dr. Marwoto Mitrohardjono, SE.,MM
(PAN)
TTL : Klaten, 23 Juni 1944
Agama : Islam
Istri : Nurul Leily Marwoto
Anak : 4 orang anak
Pendidikan :
  • S1 UGM
  • S2 UI
  • S3 UNJ
Marwoto Mitrohardjono

Tugas Pimpinan DPR

Para ketua dan wakil ketua DPR RI tersebut telah dilantik di hadapan Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa setelah secara aklamasi disetujui oleh 523 dari 560 orang anggota DPR (hm….hari pertama sudah bolos 38 orang!). Marzuki Alie secara resmi menggantikan Agung Laksono sebagai Ketua DPR RI. Bersama dengan 4 wakil ketua, pimpinan DPR bertugas untuk memimpin sidang DPR dan menyimpulkan hasil sidang untuk diambil keputusan. Selain itu, pimpinan DPR bertugas sebagai juru bicara “Senayan”, sekaligus mewakili DPR dalam berhubungan dengan lembaga negara lainnya seperti BPK, MA, dan lainnya. Dan pimpinan DPR memiliki kewenangan khusus untuk konsultasi dengan Presiden dan pimpinan lembaga negara lainnya sesuai dengan keputusan DPR.

Tentu selain tugas-tugas yang saya sebut diatas, masih ada lagi tugas-tugas teknis internal pimpina DPR seperti menyusun rencana kerja pimpinan atau menyampaikan laporan kinerja DPR. Besar harapan, bersama 555 anggota DPR lainnya, 5 pimpinan DPR ini mampu membawa iklim perubahan lembaga legislatif ini yang masih dikenal korup. Berdasarkan survei lembaga Transparency International Indonesia (TII), lembaga Dewan Perwakilan Rakyat masih menyandang lembaga korup berdampingan dengan lembaga Kejaksaan dan Kepolisian.

sumber : http://nusantaranews.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Ridho Rahmadhan. Diberdayakan oleh Blogger.


Get your own Digital Clock